November 16, 2012

5 Perkumpulan Rahasia di Dunia

Segala yang berkaitan dengan rahasia dan misteri selalu menarik perhatian. Rasa penasaran untuk mengetahui lebih dalam untuk menguak tabir rahasia membuat kita tak henti-hentinya mengikuti informasi mengenai hal-hal terkait yang belum terpecahkan tersebut. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan rahasia dan misteri yang membuat saya tertarik, salah satunya yaitu mengenai adanya suatu Perkumpulan atau Organisasi Rahasia di dunia ini yang telah terbentuk puluhan bahkan ratusan tahun lalu, yang mempunyai tujuan dan misi tertentu. Semenjak heboh buku-bukunya Dan Brown, masyarakat seolah dibuat penasaran mengenai Perkumpulan Rahasia yang termuat dalam buku-buku tersebut. Ada yang menganggapnya sebagai fiktif, ada juga yang menganggapnya sebagai nyata. Berikut Perkumpulan atau Organisasi Rahasia di dunia yang telah menjadi popular : 

1. Freemason (Freemansory)
Freemason (Freemasonry) merupakan organisasi yang tertutup dan ketat dalam penerimaan anggota barunya. Organisasi ini bukan merupakan organisasi agama dan tidak berdasarkan pada teologi apapun. Tujuan utamanya adalah membangun persaudaraan dan pengertian bersama akan kebebasan berpikir dengan standar moral yang tinggi. Freemasonry sendiri adalah simbolisasi dari pengertian pekerja keras yang memunyai kebebasan berpikir. Kata mason berasal dari bahasa Perancis, maçon, yang artinya "tukang batu". Pada dasarnya Freemasonry lebih mengedepankan masalah-masalah kemanusiaan atau humanisme sekuler. Dalam kelompok persaudaraan tersebut, manusia akan dilihat sebagai mahluk individu dan pemikirannya menjadi titik sentral pandangan. Pekerjaan dan spirit kerja dalam Freemasonry ditujukan pada menemukan bagaimana harapan-harapan utama manusia dalam menempuh kehidupan ini.
   
2. Cosa Nostra 
Cosa Nostra adalah nama yang digunakan anggota 'Mafia' di Amerika Serikat untuk merujuk kepada organisasi tersebut. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Salvatore Maranzano pada tahun 1931 ketika dia menamakan dirinya Capo di tutti capi, atau "bos segala bos" dari kejahatan terorganisir yang dilakukan orang Italia-Amerika, setelah kemenangannya atas kelompok geng yang tunduk kepada Joe Masseria dalam Perang Castellammarese. Terjemahan tepat kata tersebut masih belum dapat dipastikan, namun kira-kira berarti Hal Kami atau Urusan Kami.

3. Illuminati
Perkumpulan rahasia ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang, yang dipelopori oleh Adam Weishaupt. Illuminati berarti Pencerahan Baru. Para penganut Illuminati disebut Illuminatus yang berarti Yang Tercerahkan. Illuminatus adalah orang - orang yang mencari jawaban apa yang disebut agama sebagai misteri Tuhan. Menurut mereka dengan ilmu pengetahuan tidak ada lagi misteri Tuhan, semua ada jawabannya. Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas sebagai perwujudan "pencerahan". Pernyataan tersebut dianggap menyinggung gereja karena secara tidak langsung menyatakan bahwa Tuhan dengan sengaja menempatkan pusat kehidupan di planet lain. Sejak saat itu illuminatus diburu oleh para kaum gereja. Mereka diburu dan diberi  stamp / tanda salib didada mereka baru kemudian dibunuh. Illuminati kemudian bergerak dari bawah tanah sebagai sebuah kelompok rahasia yang paling dicari oleh gereja. Para illuminatus yang melarikan diri kemudian bertemu dengan kelompok rahasia lainnya yaitu kelompok ahli batu yang bernama Freemasonry.

4. Skull and Bones
Organisasi rahasia ini adalah sebuah persaudaraan di Universitas Yale yang melibatkan banyak orang-orang terkenal. Skull and Bones didirikan pada tahun 1832 oleh mahasiswa Yale bernama William Huntington Russel. Saat itu, di Amerika sedang beredar sentimen anti freemansory yang sangat kuat. Partai anti mason didirikan dan banyak politikus berkampanye untuk melarang aktifitas Freemasonry. Dampak dari kampanye ini kemudian mempengaruhi semua organisasi yang bersifat rahasia, termasuk perkumpulan-perkumpulan mahasiswa. Russel menemukan kalau sentimen inipun mempengaruhi perkumpulan-perkumpulan yang ada di situ, termasuk perkumpulan favoritnya, Phi Betta Kappa, yang mulai menanggalkan tradisi kerahasiaan mereka. Melihat situasi ini, Russel menjadi sangat marah dan bertekad untuk membalas dendam. Lalu ia mengumpulkan para mahasiswa dari keluarga berpengaruh dan mengajak mereka untuk mendirikan sebuah perkumpulan rahasia yang akan segera menjadi salah satu perkumpulan rahasia paling berpengaruh di Amerika. Tindakan ini merupakan simbol perlawanan Russel terhadap arus politik di Amerika. Maka lahirlah The Brotherhood of Death atau The Order of the Skull and Bones yang kemudian berubah menjadi Skull and Bones saja.

5. The Sons of Liberty
Sons of Liberty adalah sebuah kelompok politik yang terdiri dari pada Patriot Amerika yang berasal dari koloni Britania di Amerika Utara pra-kemerdekaan. Kelompok ini dibentuk untuk mendorong perubahan dalam perlakuan terhadap Koloni oleh pemerintah Britania beberapa tahun menjelang akhir Perang Perancis - Indian.

Terlepas mereka nyata atau mitos yang jelas catatan mengenai keberadaan mereka banyak dijumpai dimana-mana. Terserah pada pribadi masing-masing dalam menilai, kita sebagai manusia awam cukup mengetahui saja bahwa mereka ada dengan adanya catatan-catatan mengenai mereka.

Sumber : wikipedia.org, fakta terselubung, enigma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar