Desember 19, 2012

Wilayah Indonesia di Awal Kemerdekaan


Salah satu syarat terbentuknya Negara adalah adanya wilayah yang berdaulat.  Sejak paska Orde Lama hingga runtuhnya rezim Soeharto, negara dengan 27 propinsi kini memekarkan diri hingga 33 propinsi. Mungkin dari kita belum ada yang tahu luas wilayah Indonesia pada masa awal merdeka. Pertanyaannya, berapa propinsi dan seluas apa negara kita saat awal-awal merdeka?

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) melantik Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pertama. Kemudian dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai parlemen sementara.

Dalam menjalankan pemerintahan pada awal kemerdekaan presiden Soekarno dengan persetujuan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk 8 provinsi di Indonesia. Berikut ini 8 provinsi yang disepakati pada awal kemerdekaan Indonesia beserta nama gubernurnya:

8 Provinsi Pada Awal Kemerdekaan Republik Indonesia
No.
Nama Provinsi
Nama Gubernur
1
Sumatera
Teuku Mohammad Hasaan
2
Jawa Barat
Sutardjo Kartohadikusumo
3
Jawa Tengah
R. Panji Surono
4
Jawa Timur
R.M. Suryo
5
Sunda Kecil (Nusa Tenggara)
Mr. I. Gusti Ketut Puja
6
Maluku
Mr. J. Latuharhary
7
Sulawesi
R. G.S.S.J. Ratulangi
8
Kalimantan
Ir. Pangeran Mohammad Noor
 
Adapun pembagian wilayah 8 provinsi tersebut adalah seperti gambar di bawah

Peta Provinsi di Indonesia Pada Tahun 1945

Dari peta di atas, bisa kita bayangkan betapa luasnya wilayah tanggung jawab Gubernur Teuku Mohammad Hasaan, Ir. Pangeran Mohammad Noor, R. G.S.S.J. Ratulangi, dan Mr. J. Latuharhary. Namun, mereka telah membuktikan menjadi pemimpin yang amanah demi membesarkan "bayi" yang baru lahir, Indonesia Raya.


sumber : apa kabar dunia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar